Jumat, 13 Januari 2012

ISPA

A.     Pengertian Penyakit ISPA
          ISPA merupakan singkatan dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut. ISPA meliputi saluran pernapasan bagian atas dan bawah. Yang dimaksud dengan organ saluran pernapasan atas adalah dari hidung sampai paru-paru, sinus, ruang telinga tengah dan selaput paru-paru.
B.     Penyebab Penyakit ISPA
            Penyebab penyakit ISPA dapat disebabkan oleh bakteri Strepptococcus penyebab penyakit pneumonia, dapat juga diakibatkan virus Haemophilus influensa penyebab flu.
C.     Jalan Masuk (Cara Penularan)
            ISPA ditularkan melalui air ludah, darah, bersin, udara pernapasan yang mengandung kuman yang terhirup oleh orang sehat ke saluran pernapasannya.
D.     Masa Inkubasi
            Masa inkubasi penyakit ISPA adalah 14 hari setelah terinfeksi kuman penyakit penyebab ISPA.
E.     Pencegahan Penyakit ISPA
            Pencegahan penyakit ISPA dapat dilakukan dengan cara :
ü  Menjaga keadaan gizi agar tetap baik
ü  Immunisasi
ü  Hygiene perorangan dan sanitasi lingkungan
ü  Menjaga anak agar tidak berada dekat dengan penderita ISPA
ü  Penyuluhan kesehatan terutama pada para ibu
F.      Pengobatan Penyakit ISPA
            Untuk penderita pneimonia berat dirawat di Rumah Sakit diberikan antibiotik parenteral, oksigen, dan sebagainya. Penderita pneumonia biasa diberikan kotrimoktazol per oral bila penderita tidak dapat diberikan kotrimoktazol dapat diberikan antibiotik pengganti seperti amoxcicylin, amphicilin, atau pecillin prokain. Kalau bukan pneumonia tanpa pemberian antibiotik dapat dirawat di rumah. Untuk penderita bautk biasa dapat diberikan obat batuk tradisional dan obat batuk lain yang tidak mengandung zat yang merugikan seperti kodein, dextrometorfan, anti histamin, bila demam diberikan paracetamol. Penderita dengan gejala batuk pilek didapati bercak nanah / eksudat disertai pembesaran kelenjar getah bening di leher dianggap sebagai radang tenggorokan karena kuman strepptococcuss diberi pengobtan dengan penicillin selama 10 hari. Untuk penderita yang mendapat antibiotik selain tindakan di atas usahakan agar obat tersebut diberikan selam 5 hari penuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar