Jumat, 13 Januari 2012

Demam Berdarah Dengue (DBD)


Pengertian Penyakit Demam Berdarah Dengue
            Dengue adalah infeksi melalui nyamuk Aedes Aegypty yang ditandai oleh demam tinggi, nyeri otot dan sendi, limfadenopati, dan ruam kulit. Disebabkan oleh flavivirus.

Gejala Klinis
            Demam tinggi, nyeri otot dan sendi, limfadenopati, dan ruam kulit. Terdapat viremia pada onset demam dan bisa bertahan sampai 3 hari. Lesi histopathologis dalam pembuluh darah kecil, dengan pembengkakan endotel, edema perivaskuler, dan infiltrasi sel-sel mononuclear.

Masa Inkubasi
            Penyakit DBD dimulai 2-15 hari setelah suatu gigitan nyamuk infektif. Onset demam bisa mendadak atau mungkin ada gejala prodonormal berupa malaise, kedinginan dan nyeri kepala. Segera timbul nyeri terutama di punggung, sendi, otot, dan bola mata. Suhu kembali normal dalam 5-6 hari atau bisa mereda sekitar hari ketiga atau naik lagi sekitar 5-8 hari  setelah onset.


Penularan (jalan masuknya)
            Cara penularan penyakit Dengue ini adalah melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypty yang membawa virus dengue dalam tubuhnya (infektif).

Faktor Risiko
            Demam berdarah dengue banyak diderita oleh anak-anak namun orang dewasa juga banyak yang dapat berisiko terkena DBD.

Pengobatan
            Demam berdarah harus ditolong oleh dokter, bila timbul syok dan pendarahan harus segera dirawat di rumah sakit. Di rumah sakit penderita diberi infus cairan ringer dan bila terjadi pendarahan diberi infus darah.

Pencegahan
            Pencegahan dilakukan dengan cara melakukan fogging pada setiap rumah warga untuk menyingkirkan tempat-tempat perkembang biakan nyamuk dan pemakaian insektisida dalam rumah. Dan juga melakukan 3 M (Menguras, Mengubur dan Menutup) plus tidak menggantung pakaian di belakang pintu.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar